wilujeng rawuh

inilah blogku yang sederhana tapi janganlah ada komentar yg kurang baik karena aku baru belajar membuat..heheh
nanti kalau sudah lancar pastilah jadi bagus kayak blog-blog yang lain......hmmmm

Kamis, 23 Februari 2012

membuat rangakaian DC jadi AC


DC >>>>>>> >>>>> AC >>>>>>>

Gambar skema Rangkaian Inverter DC to AC 12 V to 220V beserta komponen dan cara pembuatannya

Rangkaian Inverter berguna untuk mengubah arus DC menjadi arus AC sekaligus menaikkan tegangan keluarannya. Skema Rangkaian yang akan kita bahas kali ini akan mencoba membuat sebuah inverter yang bisa merubah arus searah DC menjadi arus bolak-balik AC dengan tegangan input sebesar 12V DC dengan tegangan keluaran yang dihasilkan nantinya sebesar 220V AC.
Komponen-komponen utama dari rangkaian penaik tegangan (inverter) ini adalah dua buah transistor dan trafo step-up (penaik tegangan).
Dapat anda lihat pada skema rangkaian diatas, untuk membuat sebuah rangkaian inverter hanya diperlukan beberapa komponen sederhana. Transistor type 2N3055 ditambah dengan beberapa komponen dasar seperti resistor dan kapasitor, kemudian dihubungkan dengan transformator penaik tegangan dengan input masukan sebesar 12V dan output sebesar 220V.
Daftar komponen yang diperlukan untuk membuat rangkaian inverter ini adalah sebagai berikut:
C1, C2 68uf/25v
R1,R2 10 Ohm, 5Watt
R3,R4 180 Ohm, 1watt
D1,D2 5 A atau lebih
Q1,Q2 2N3055
T1 Transformator 11V,CT
Komponen-komponen diatas dapat dengan mudah anda cari di toko-toko elektronika. Yang perlu diperhatikan adalah pada komponen transistor Q1 dan Q2 harus dipasang dengan menggunakan kipas pendingin atau dengan menggunakan heatsink.
Rangkaian Inverter DC to AC 12 V to 220V ini bisa dimanfaatkan sebagai pilihan catu daya cadangan/emergency selain menggunakan generator set/Genset saat terjadi pemadaman listrik dari PLN

Tidak ada komentar: